Knowledge Sharing Mobil Listrik Bersama PLN BLITS EXPLORE di UNP

UNP, Unit Induk Wilayah Sumbar dan Tim Blits Explore Indonesia berbagi pengetahuan tentang mobil listrik hasil karya anak bangsa kepada mahasiswa Universitas Negeri Padang, di Auditorium UNP, pada tanggal 6 Desember 2018 lalu . Ketua Tim Blits Explore Indonesia, M. Nur Yuniarto saat sharing knowledge kepada mahasiswa UNP memaparkan “Mobil listrik ini tidak membawa emisi dan bebas polusi. ”Mobil ini ramah lingkungan. Tidak ada asap yang keluar,” imbuhnya. Mobil Listrik ini merupakan hasil kolaborasi anak bangsa mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dan Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta.  Kita sedang menempuh masa uji coba selama tiga bulan menjelajahi Nusantara. ” ungkapnya.

General Manager PLN UIW Sumbar, Susiana Mutia menyampaikan PLN akan terus men-support kendaraan listrik demi era baru kendaraan masa depan Indonesia. ”Mobil listrik ini bisa menjadi era baru kendaraan masa depan. PLN akan men-support penuh semua kendaraan listrik dengan cara menyiapkan charging dan SPLU-nya. Nantinya, akan kita sediakan di semua tempat,” katanya. Susiana berharap ke depan ada regulasi dari pemerintah agar mobil listrik ini juga bisa diproduksi massal sepeda motor listrik. ”Kita butuh regulasi dari pemerintah, dukungan dari pemerintah, agar mobil ini juga nanti bisa kita produksi massal. Untuk tahap awal ini mungkin masih perlu perbaikan-perbaikan. Kita ingin ada regulasi pemerintah yang kemarin sudah ada lampu hijau untuk sepeda motor, mudah-mudahan mobil listrik ini mengikuti,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UNP yang diwakili Prof. Rusdinal mengapresiasi Tim PLN Blits Explore karena telah melakukan suatu inovasi karena memang dibutuhkan oleh bangsa. ”Ini hasil atau karya anak bangsa yang memang dibutuhkan untuk tantangan ke depan karena keterbatasan sumber daya. Bukan tidak mungkin nanti dengan adanya mobil listrik ini, yang ada itu SPLU dimana-mana, bukan lagi SPBU,” ungkapnya. (*)

Kegiatan Knowledge Sharing ini, di ikuti oleh mahasiswa UNP dari berbagai jurusan/Prodi. Fakultas Teknik sebagai Fasilitator kegiatan ini. Turut hadir Dekan Fakultas Teknik Dr. Fahmi Rizal, M.Pd.,M.T dan Jajaran Pimpinan Fakultas Teknik UNP., Secara Terpisah Fahmi Rizal memgemukan bahwa kegiatan ini akan di Tindak lanjuti dengan MOU kerja sama antara UNP dengan PLN BLITS EXPLORE kedepannya.

Editor : Elfizon

Sumber Berita : Indra – Padang Ekspres

 

 

Related posts